540 Views

Berita Lingkungan Matius-Lekas Sembuh Pak Hartono, Selamat Bertugas Bu Triyanti

            Lingkungan St Matius melayani umat komplek TNI AU dan sekitarnya mencapai 38 kepala keluarga (KK) Katolik. Setelah Ketua Lingkungan Ibu Lusi beliu meninggal, urusan lingkungan dilanjutkan Bapak Vincensius Hartono yang tidak lain adalah belahan hati dari Alm Ibu Lusi. Sebagaimana dalam Injil Yoh 15:16 “Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih Kamu dan Aku telah menetapkan kamu”. Kejadian seperti ini langka terjadi kalau bukan karena campur tangan Tuhan.

Selama sekitar lima tahun, Bapak Hartono selalu mendampingi umat Lingkungan Matius hingga pada usianya mencapai 74 tahun. Beberapa waktu lalu, Bapak Hartono jarang kelihatan di Gereja dan saya mencoba beranjangsana dan saat itulah dia menceritakan sakitnya yang diderita hingga opname beberapa kali di beberapa rumah sakit di Bogor hingga pernah dirawat di Singapura. Suatu ketika dia bercerita bahwa apa yang dideritanya cukup serius dan sering sakit-sakitan. Dengan kunjungan inilah beliu menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada Bapak Agus Basuki yang juga salah satu warga Lingkungan Matius. Selain itu, dia juga menyerahkan segala data dan administrasi Lingkungan Matius. Data KK dan kartu iuran bulanan menjadi oleh-oleh dalam kunjungan singkat tersebut, “Semoga cepat sembuh Bapak Vincensius Hartono,” ujar Agus.

Agus tidak kuasa menolak tugas yang diserahkan dan dalam hati bertekad untuk menunaikan tugas tersebut. Mudah-mudahan beban yang diemban Bapak Hartono berkurang dan memaksimalkan upaya untuk berobat.

Pada masa Prapaskah digelar pertemuan lingkungan pertama dan kebetulan di rumah Agus. Pada akhir pertemuan, Agus melontarkan permasalahan di Lingkungan Matius dan seputar situasi Bapak Hartono yang sudah sulit mengurusi umat Lingkungan Matius. Sementara urusan umat Katolik dalam lingkungan ini pun terus bertambah karena penambahan umat dengan bertumbuhnya perumahan di sekitar Semplak.

Semua umat Lingkungan Matius yang juga dimotori Bapak Adolf akhirnya sepakat membidik Ibu Teresia Triyanti. Menariknya, sampai pertemuan berakhir belum ada jabat tangan serah terima tugas lingkungan dan hanya senyuman dari Ibu Triyanti yang menginsyaratkan akan menerima tugas tersebut. Dalam pertemuan kedua di rumah Bapak Hartono, penyerahan tugas-tugas lingkungan pun dilakukan dan dilanjutkan dengan penetapan pengurus baru Lingkungan Matius di bawah pimpinan Ibu Triyanti.

Aktivitas lingkungan pun berjalan baik, Dalam pertemuan keempat ada aksi nyata dari Lingkungan Matius yang ikut membersihkan kursi gerja St Ignatius Loyola setelah misa kedua. Tugas ini dikerjakan dengan baik karena ternyata semangat Bapak-bapak dan Ibu-ibu Lingkungan Matius masih tinggi. Kini, banyak aktivitas sudah terlaksana. Tugas yang awalnya berat, kini bisa dikerjakan bersama.

 

Serah terima Ketua Lingkungan Matius

 

 

 

Kerja bakti Lingkungan Matius untuk membersihkan dan membenahi kursi gereja.

About Yohanes Riyanto 25 Articles
Yohanes Riyanto, Msi Paroki St. Ignatius Loyola Sempak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*