1051 Views

Selamat Ulang Tahun Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM

photo Credit http://keuskupanbogor.org

Mari kita umat Paroki St.Ignatius Loyola Semplak Bogor mendoakan Bapa Uskup kita yang berulang tahun ke 54 pada 17 Mei 2016.  Semoga Bapa Uskup selalu diberikan kesehatan, umur panjang, mendapat rahmat dan berkat yang berlimpah dalam menggembalakan umat di Keuskupan Bogor tercinta.

Selamat ulang tahun Bapa Uskup, Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Mengenal lebih dekat Bapa Uskup kita Mgr.Paskalis Bruno Syukur, OFM.

Diambil dari : http://kkikatedralbogor.tumblr.com/post/77657836936/biografi-singkat-mgr-paskalis-bruno-syukur-ofm

336MGR.PASKALIS2

Photo Credit : http://komkat-kwi.org
Mgr. Paskalis dilahirkan di Ranggu, Flores, 17 Mei 1962.

  • Pendidikan di seminari menengah dijalani di Seminari Menengah Santo Pius XII Kisol Flores, Nusa Tenggara Timur. Memasuki novisiat Fransiskan di Biara Santo Bonaventura Yogyakarta pada tahun 1982, studi filsafat dan teologi dijalani di STF Driyarkara dan IFT Kentungan Yogyakarta. Mengucapkan profesi meriah pada tahun 1989. Bertepatan dengan Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah, 2 Februari 1991, Pater Paskalis Bruno Syukur OFM dan Pater Peter Aman OFM ditahbiskan menjadi imam di Gereja Ratu Para Malaikat Cipanas oleh Mgr Ignatius Harsono Pr. Penugasan pertama adalah menjadi pastor di Paroki Moanemani Papua (1991-1993), setelah itu Pater Paskalis OFM untuk melanjutkan studi dalam bidang spiritualitas Fransiskan di Universitas Antonianum Roma, Italia dengan gelar Licensiat (1993-1996). Sekembali dari Roma, Pater Paskalis OFM ditugaskan untuk menjadi magister Novisiat OFM di Depok (pendamping para calon biarawan OFM (1996-2001)).
  • Dalam kapitel Ordo Fransiskan September 2001, Pater Paskalis OFM dipilih untuk menjadi provinsial OFM Indonesia (Pimpinan Ordo Fransiskan Indonesia (2001-2007)) dan terpilih kembali untuk periode kedua (2001-2010). Pater Paskalis Bruno Syukur OFM dipilih dan diangkat menjadi Definitor Jendral OFM (dewan pimpinan OFM sedunia (2009-2015)) untuk Asia Oseania.
    Juni 2009, Pater Paskalis OFM meninggalkan tugasnya sebagai provinsial OFM Indonesia untuk mengemban tugas baru sebagai Definitor Jendral.
  • “Paus Fransiskus telah menunjuk dan mengangkat Pater Paskalis Bruno Syukur OFM untuk menjadi Uskup Bogor yang baru. Pater Paskalis OFM menjawab panggilan suci sebagai uskup dengan sebuah ungkapan iman : “MAGNIFICAT ANIMA MEA DOMINUM” (Jiwaku memuliakan Tuhan). Ungkapan inilah yang diambil oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM dalam memimpin dan menggembalakan umat di Keuskupan Bogor.
About Yohanes Riyanto 24 Articles
Yohanes Riyanto, Msi Paroki St. Ignatius Loyola Sempak Bogor

2 Comments

  1. Saya turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapa Uskup Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM. Semoga Bapa Uskup selalu sehat dan bersemangat, makin bijaksana dan dikaruniai banyak berkat sehingga dapat terus menggembalakan domba-dombanya di Keuskupan Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*