453 Views

Pembekalan Kedua Pembina BIA/BIR “Ceria Menjadi Pembina BIA/BIR Yang Berkomitmen”

Peserta dan Pembina Pembekalan BIA-BIR.

Bogor, STIGLOSB.

Minggu 22/5/16, Kembali bertempat di SD Angkasa Semplak, pengurus sie KKI (Bina Iman Anak (BIA) dan Bina Iman Remaja (BIR)) Paroki STIGLOSB mengadakan lanjutan pembekalan pembina BIA1BIA/BIR setelah seminggu sebelumnya materi Tata Pastoral diberikan oleh RD.David L. serta kurikulum pendidikan anak & motivasi oleh Kak Inri.

Mengingat bahwa BIA dan BIR merupakan masa depan kita semua dan masa depan Gereja, maka pengurus BIA / BIR Paroki Ignatius Semplak sepakat bahwa materi pembekalan  dengan tema “Ceria Menjadi Pembina BIA/BIR yang berkomitmen “untuk calon Pembina BIA-BIR haruslah lengkap dan meliputi segala aspek berkaitan dengan dunia Anak.

Setelah ada pertemuan pertama minggu lalu mengetengahkan materi Tata Pastoral, Kurukulum pendidikan anak, serta motivasi, maka pada minggu ini diketengahkan strategi atau cara langsung dalam melakukan pendidikan danpendekatan ke anak/remaja melalui aktivitasi gerak dan lagu, Tehnik bercerita dan alat peraga dengan presentasi dari Kak Yanti, serta dilanjutkan dengan aktivitas ketrampilan membuat origami.

Dalam setiap jeda sesi, Pembina Semplak memberikan contoh lagu-lagu serta gerakan yang ceria dan peserta mengikuti dengan suka cita.   Kak Yanti menegaskan “menjadi Pembina BIA-BIR , kita harus dapat bergerak seperti anak-anak dan mampu bercerita dengan ekspresi sesuai dengan tokoh-tokoh dalam cerita”.   Menjadi Pembina BIA-BIR harus mampu masuk ke dunia anak dan remaja sesuai dengan kelompok umur dan minat anak, karena dunia anak adalah dunia dimana kegembiraan, kesenangan dan keceriaan.

BIA-BIR merupakan karya pengurus sie KKI-Karya Kepausan Indonesia di paroki St Ignatius Loyola semplak

Peserta Pembekalan
Peserta Pembekalan

Bogor dan merupakan hal yang terpenting dalam pertumbuhan awal anak karena BIA merupakan jenjang pertama dan terpenting dalam tahapan anak-anak dalam mengenal Kristus dan Gereja diluar lingkungan keluarga dan sekolah (katolik).

Tahapan aktivitas yang umum yang berkesinambungan didalam pembentukan karakter dan rohani anak dalam Gereja kita adalah BIA-yang kemudian dilanjutkan menjadi Misdinar atau Lektis – BIR dan OMK.    Dalam tahapan-tahapan tersebut anak-anak dididik dan dikenalkan mengenai pengetahuan Iman Kristiani, nilai-nila moral universal, nilai tanggungjawab, nilai kerjasama dan sosialisasi.

BIA-BIROrang tua sesungguhnya perlu  bersyukur dan berterima kasih atas pelayanan yang telah dilakukan oleh pengurus BIA-BIR yang dengan tanpa pamrih turut serta andil membentuk karakter anak sesuai dengan Iman Kristiani, karena sesungguhnya selain pandai, orang tua juga menghararapkan anak menjadi anak yang baik, berbudi dan berbakti kepada keluarga maupun Kristus.   Sangat menjadi penyesalan kepandaian yang diperoleh nantinya membuat hati orang tuanya menangis.

[Baca juga: Menarik untuk disimak kisah in-out yang disajikan Bpk.Thomas A. Sutadi di blog Santher-brp.blogspot.co.id]

Apakah mungkin, jika dari anak-anak tidak dikenalkan dengan Iman Kristiani atau kegiatan Gereja sejak dini, tiba-tiba setelah dewasa anak tersebut mendadak menjadi aktivis, rajin ke gereja dan menjadi sumber cinta kasih untuk orang tua dan sesamanya ?   Proses, yang akan membentuk karakter anak.     Tentu saja, bukan jaminan bahwa dengan mengikuti aktivitas BIA-BIR atau aktivitas gereja nantinya anak menjadi anak yang baik, namun sebaliknya apakah juga Jaminan jika anak tidak dikenalkan aktivitas BIA atau apapun di Gereja nantinya pasti akan menjadi anak baik, berbudi dan berbakti kepada keluarga maupun Kristus?.   Paling tidak, orang tua sudah mengupayakan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Pengurus KKI Dekanat Tengah
Kepengurusan baru KKI Dekanat Tengah
Pengurus KKI Dekanat Tengah
Pengurus KKI Dekanat Tengah

Pengurus Sie KKI (BIA/BIR) berharap dengan adanya pembekalan yang lengkap dalam dua pertemuan ini, BIA dan BIR di paroki IGLOSB dapat berkembang baik di setiap wilayah dan lingkungan, serta mendapat dukungan penuh dari orang tua denghan berperan aktif di dalam karya keselamatan Gereja.    Anak adalah bagaimana orang tua.

Selamat berkarya kepada Sie KKI BIA-BIR.  Kiranya Tuhan memberkati karya KKI, BIA dan BIR.   Amin.

yro.05.2016

About Yohanes Riyanto 24 Articles
Yohanes Riyanto, Msi Paroki St. Ignatius Loyola Sempak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*