866 Views

Berita Lingkungan Gabriel : Misa Pemberkatan Rumah dan Peringatan Ulang Tahun Perkawinan

Pemberkatan Rumah dan Ulang Tahun Perkawinan

STIGLOSB News 11/6/2016.            Bertempat di kediaman Bpk. Dadang Sutisna dan Ibu Ivone Natadihardja Jl. Palem Putri 2 No.4 Taman Yasmin sektor 5, pada hari sabtu 11/6/2016 diselenggarakan misa pemberkatan rumah baru serta syukuran ulang tahun perkawinan ke 9.      Sabtu tersebut juga merupakan kunjungan ke 4 berturut-turut Pastor Paroki kita RD. Ridwan Amo ke lingkungan Gabriel.

content_Dadang SutisnaPemberkatan rumah, dikutip dari www.katolisitas.org  dimaksudkan untuk menguduskan setiap kejadian penting di dalam hidup umat beriman (Konsili Vatikan II tentang Liturgi Suci, Sacrosanctum Concilium/ SC 61).      Atas doa syafaat Gereja-  sakramentali, dalam hal ini – pemberkatan rumah, mendatangkan efek-efek rohani bagi mereka yang tinggal di dalamnya (lih. SC 60),  baik perlindungan dari kuasa jahat, maupun rahmat kerukunan dan kasih dalam keluarga.  Maka maksud utama sakramentali adalah menguduskan umat beriman yang menggunakan/ memakai barang-barang tertentu yang diberkati itu, dan bukan  menguduskan barang-barang itu sendiri.    Sehingga, jika suatu rumah sudah pernah diberkati, namun pemilik yang terdahulu sudah pindah, maka adalah baik jika pemilik baru mengadakan pemberkatan rumah  agar rahmat sakramentali yang memberikan efek pengudusan itu dapat dialami oleh keluarga yang baru yang menempatinya.

| Baca juga : Pemberkatan rumah  http://www.katolisitas.org/tentang-pemberkatan-rumah/  |

Pada awal homilinya, Pastor Ridwan Amo menanyakan mengapa rumah orang Katolik harus diberkati?.

Karena pertanyaan ini sering dilontarkan saat misa pemberkatan rumah, maka  jawaban berikut perlu dihapal supaya saat misa pemberkatan rumah mendatang ada pertanyaan serupa dari Pastor Ridwan , jawabannya mendapat nilai 100   !!.

Rumah harus diberkati karena :

1.  Rumahnya baru,

2.  Rumahnya baru direnovasi, berbeda dengan yang sebelum nya.

3.  Rumah lama, tetapi penghuninya baru.

Khusus no.3 bisa kejadian satu rumah diberkati sampai berkali kali,karena penghuninya baru dan orang katolik.

Sehingga yang terpenting diberkati adalah yang tinggal didalamnya.

Pemberkatan Rumah dan Ulang Tahun Perkawinan
Pemberkatan Rumah dan Ulang Tahun Perkawinan

“Dan berkat itu akan bisa tetap tinggal di rumah tersebut kalau yang tinggal di rumah itu menjaga berkat Tuhan. Pemberkatan rumah mengakui bahwa apa yang ada ini, apa yang dibangun ini adalah bukan hanya hasil karya kerja keras kita tetapi juga karena ada Allah yang mendampingi.  Itulah  pemberkatan rumah sebagai tanda syukur”.     Karena itu-lanjut Pastor Ridwan- sekali lagi, jangan hanya terhenti pada pemberkatan rumah saja tetap harus terus menerus menjaga supaya berkat Tuhan tetap mengalir kepada kita, keluarga kita dan tamu tamu yang datang” ujar pastor Ridwan Amo menutup homilinya.

Pemberkatan rumah yang bersamaan dengan perayaan ulang tahun ulang tahun perkawinan ke 9 ini juga merupakan ucapan penuh syukur kepada Tuhan atas segala berkat dan anugerah yang diterima kepada keluarga, dimana pasangan Bpk. Dadang Sutisna dan Ibu Ivone Natadihardja dikaruniai  seorang putera- Kevin Wu (8th) dan seorang putri- Chloe Xaviera Wu (1 th)  yang sungguh melengkapi kebahagiaan keluarga.

Selamat berbahagia untuk Bpk.Dadang Sutisna, ibu Ivone Natadihardja dan Oma Yanti Tanudiwiria.   Tuhan Memberkati.      (Yro/stiglosb)

About Yohanes Riyanto 27 Articles
Yohanes Riyanto, Msi Paroki St. Ignatius Loyola Sempak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*