4731 Views

Ziarah Rohani Umat Paroki Stiglo Ke Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung Banten

STIGLO 6/10/16.      Gereja Katolik secara tradisi mendedikasikan bulan Mei dan Oktober sebagai bulan devosi kepada Bunda Maria, karenanya Paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor pada Kamis 6 Oktober 2016 dalam rangka menyambut bulan Rosario menyelenggarakan ziarah rohani ke Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung Banten.

Ziarah yang dikoordinir oleh Ibu Susina SukardiKoordinator Lektris Stiglo dan Ibu Caecila Tri Retno L.Sekretatis Paroki Stiglo, diikuti oleh 40 orang umat dan didampingi oleh Pastor RD. YM. Ridwan Amo yang sangat akrab dan dikenal oleh umat di Paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor sebagai pastor yang membidani kelahiran Paroki St Ignatius layola Semplak Bogor yang kita cintai, Paroki yang pada 1 Agustus 2016 lalu genap berusia 1 tahun.

Gua Maria yang diresmikan pada 13 Agustus 1988  berada di wilayah Paroki Santa Maria Tak Bernoda- Keuskupan Bogor lebih dikenal dengan Gua Maria Bukit Kanada.  KANADA merupakan singkatan dari KAmpung NArimbang DAlam di Rangkasbitung, desa Jatimulya, kabupaten Lebak, Rangkasbitung, Propinsi Banten.  Keberadaan Gua Maria berdekatan dengan Akademi Keperawatan (AKPER) YATNA YUANA (yang dikelola oleh para Suster SFS).

Aktivitas hari tersebut dimulai dengan misa pagi Pk. 06:00 di gereja paroki Stiglo dan tepat  pukul 07.10 rombongan berangkat dimana sebelumya Pastor RD.YM.Ridwan Amo memimpin doa dan memberikan berkat agar diberkahi kesehatan dan kelancaran selama ziarah berlangsung.   Selama dalam perjalan peserta ziarah mendaraskan doa rosario untuk menyiapkan hati dan pikiran.

Setelah tiba Pk. 10:45 di Gua Kanda Rangkasbitung, maka ziarah dimulai dengan Jalan Salib mulai Pk 11:00 dan berakhir sekitar Pk 12:15.         Setelah istirahat dan makan siang bersama, acara ziarah dilanjutkan menuju Paroki Kristus Raja Serang.  Karena Gereja sedang di renovasi maka kegiatan dilakukan dengan berdoa di depan Gua Maria Gereja Paroki Kristus Raja Serang.

Ziarah merupakan bentuk ungkapan penghayatan iman -bukan suatu kewajiban, yang dimaksudkan untuk membangun spiritualitas umat yang menguatkan iman dan membimbing umat menuju Allah.  Melalui ziarah- umat memperoleh pengalaman/ napak tilas nyata atas rangkaian2 peristiwa yang menjadi dasar sejarah atas makna ziarah tersebut dan merasa kerinduan terhadap Allah, yg merupakan kebutuhan rohani setiap umat.   Diharapkan setelah perziarahan, umat dapat menandai perubahan hidup lamanya menjadi hidup baru,  cara hidup Kristiani – perbuatan berdasar kasih, murah hati secara nyata.

Selain aspek rohani, maka aspek jasmani juga perlu mendapat perhatian, karenanya rombongan peserta ziarah juga menyempatkan mampir di Pandeglang untuk makan duren, belanja oleh2  serta  membeli  oleh2 khas Serang yaitu sate bandeng.

Semua sukacita, bergembira, semua menjadi lebih akrab dan  yang lebih penting adalah semua peserta semakin merasakan kehadiran Tuhan dalam kehidupan kami sehari2.

Puji Tuhan atas perkenanan Yesus Kristus sehingga Perjalanan Ziarah kami sungguh diberkati dan diberi kelancaran olehNya.  Sampai jumpa di Ziarah yg akan datang. (Luts).

About Admin 4 Articles
Admin Web Paroki Stiglo Semplak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*