6487 Views

Semarak Misa Pembaharuan Janji Perkawinan Paroki St. Ignatius Loyola, Semplak – Bogor

Hari Minggu (13/11) pada perayaan misa ke-2 pukul 08.30wib, terlihat tidak seperti biasanya.  Semarak dan nuansa berbeda terlihat di awal pagi itu. Misa kali ini bertepatan dengan misa Hari Ulang Tahun Perkawinan atau Pembaharuan Janji Perkawinan (HUP). Misa ini diikuti oleh 27 pasangan suami isteri (pasutri) dari berbagai lingkungan di Paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor.

1Diawali dengan perarakan dari belakang halaman gereja oleh 27 pasangan suami istri yang bergandengn tangan memasuki gereja disambut dengan koor dan senyum dari umat, misa kali ini terlihat begitu meriah. Misa HUP ini dipimpin langsung oleh Romo  RD Antonius Dwi Haryanto selaku Pastor Paroki. Dalam homilinya Romo Anton menekankan agar pasutri umat Paroki Semplak semakin kokoh menjaga keutuhan keluarga dengan “4 K” yaitu Keterbukaan, Kesetiaan, Kejujuran, dan Komunikasi.  Perayaan ini berjalan lancar terutama saat pengucapan Pembaharuan Janji Perkawinan begitu terasa hikmat. Setiap pasutri saling berpegangan tangan mengucapkan janji saling bergantian yang diawali para suami dan diikuti para isteri.   Nuansa HUP ini semakin meriah dengan iring-iringan persembahan yang dihantar 2 pasang pasutri ke altar disambut oleh Romo Anton.

Sebelum berkat penutup, Romo Anton memberikan kesempatan bagi anggota ME (Mariage Encounter) yakni Keluarga Fabianus & Etty dari Lingkungan Keluarga Kudus Paroki Cibinong untuk menyampaikan sharing-nya mengikuti “ME” dimana mereka sepakat bahwa “4K” tersebut dapat menjadi acuan keluarga yang harmonis selaras dengan homili yang disampaikan Romo Anton.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah peserta HUP dengan Romo Anton dan Tim ME.  Dimana di acara tersebut keluarga Jims & Vonny dari Paroki Parung yang juga anggota ME menceritakan pengalamannya semenjak mengikuti ME, bahwa cara pandang dan sikap didalam keluarga membawa perubahan yang besar ke arah yang lebih baik. Seluruh kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk menginspirasi keluarga dalam mengarungi bahtera rumah tangga dengan pedoman  “4K” dalam meraih kebahagian ikhlas.

Seperti yang dikatakan oleh salah2 satu pasangan yang mengikuti acara HUP ini bahwa ”kegiatan ini rasanya perlu dilestarikan karena memiliki makna mendalam untuk mengingatkan dan  menyegarkan hidup perkawinan”, kata pasutri Greg & Ary  dari Lingkungan Keluarga Kudus. Misa HUP ini merupakan bagian dari program kerja dari seksi kerasulan keluarga dengan PIC Bapak Adolf Parhusip sebagai Koordinator Seksi Keluarga di Paroki. Semoga semangat “4K” semakin menginsiprasi seluruh umat dan keluarga di Paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor dalam menjaga dan memelihara kehidupan rumah tangga yang mencintai Kristus.  (Adolf Parhusip)

Bravo keluarga – keluarga Paroki Semplak-Bogor

About aridarato 10 Articles
Ari Da Rato, PSE Paroki St.Ignatius Loyola Semplak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*