265 Views

Jaga Toleransi dan Kerukunan antar umat beragama : GEREJA ST. IGNATIUS LOYOLA ADAKAN BUKBER DENGAN WARGA

20170616_182147
Suasana Buka Bersama bersatu didalam keanekaragaman
20170616_172926
Ustadz Drs. Uning Ash-Shidiq Sedang memberikan Tausyiah

Maraknya isu toleransi antar umat beragama yang sangat meresahkan masyarakat belakangan ini melahirkan keprihatinan umat beragama, toleransi sang sejatinya merupakan jati diri bangsa indonesia yang lahir dari perbedaan seolah – olah hilang ditengah merebaknya gerakan intoleransi dan keberagaman. Intoleransi telah melahirkan  rasa saling curiga diantara masyarakat yang berbeda agama, suku dan ras. Mencermati  berbagai persoalan belakangan ini Gereja St. Ignatius Loyola semplak merasa perlu untuk mengambil bagian dalam proses membangun kebhinekaan di tengah masyarakat. Gereja wajib membangun komunikasi dan merajut tali  silaturahmi, menjaga hubungan yang harmonis dengan warga masyarakat khususnya warga di sekitar gereja yang beragama islam dan juga tentunya dengan karyawan gereja yang beragama islam.

Menjawab toleransi ini, Gereja St.Ignatius Loyola Semplak melalui PSE Paroki St. Ignatius Loyola semplak melaksanakan acara buka puasa bersama dengan warga muslim yang berdiam di sekitar komplek gereja. Buka bersama ini menghadirkan Ust. Drs. Uning Ash-Shidiq dari Bintal AURI Semplak untuk memberikan tausya dan Ustad Abdullah Nawawi dari GP Ansor Kabupaten Bogor untuk memberikan ceramah kebangsaan.

IMG-20170616-WA0039
Romo Antonius Dwi Haryanto Memberikan kata Sambutannya
IMG-20170616-WA0040
Romo Mikail Endro Susanto

 

 

 

 

 

 

Acara diawali dengan sapaan selamat datang dari gereja dan dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. RD. Antonius Dwi Haryanto, Pastor Paroki St. Ignatius Loyola Semplak dalam sambutannya menyatakan menyambut baik acara yang di gagas PSE ini.  “Acara silahturahmi seperti ini perlu ditingkatkan untuk memberikan pemahaman dan membangun toleransi antar umat beragama,” jelas Romo Anton. Pernyataan RD.Anton diapresiasi oleh RD Mikail Endro Susanto yang hadir mewakili Uskup Bogor. Menurut RD Endro yang juga Seksi Hubungan Antar Agama Keuskupan Bogor hingga saat ini kegiatan serupa baru dilaksanakan oleh Paroki St. Ignatius Loyola Semplak, paroki lain baru rencana. “Katedral yang besar itu aja baru rencana, Semplak sudah laksanakan,” jelas Romo yang biasa di sapa Romo Endro ini.

Sementara itu dalam tausyiah nya Ustad Uning Ash-Shidiq mengajak umat agar jangan memandang gereja sebagai institusi yang aneh…, gereja dan umatnya adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “ Saya tidak asing masuk gereja semplak, karena umat disemplak dan pimpinannya sebagian besar saya kenal karena kami sama-sama dari AURI,” candanya

Ustad dalam  tausyahnya juga mengajak dan mengundang umat katolik semplak untuk mengunjungi pesantren, yang dikelolanya.

Acara ditutup dengan buka bersama dan pembagian bingkisan oleh PSE dan dilanjutkan dengan foto bersama di pelataran gereja. (PSE-Iglosb)

20170616_182138
Ustadz Abdullah Nawawi – GP Ansor Memberikan Semangat Kebangsaan
IMG-20170616-WA0034
Gregg Djako MC
20170616_172748
Agus – Karyawan Gereja Memberikan Kesan dan Pesan selama bekerja di Gereja
About aridarato 10 Articles
Ari Da Rato, PSE Paroki St.Ignatius Loyola Semplak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*