Pembukaan Bulan Maria Paroki Ignatius Loyola Semplak Bogor

Bogor, IGLOSB – Minggu, 01 Mei 2016 dalam suasana pagi yang penuh rahmat, sejuk dan menyegarkan di gereja Paroki St Ignatius Loyola Semplak Lanud Atang Sendjaja Bogor dalam rangka pembukaan bulan Mei sebagai bulan devosi Bunda Maria, maka untuk pertama kalinya sejak pembentukan Paroki Ignatius Loyola, diadakan prosesi perarakan Bunda Maria mulai dari Lapangan Parkir di sisi gereja sampai Bunda Maria ditahtahkan di dalam gereja.

P_20160501_082555

P_20160501_083623

perarakan2

Prosesi perarakan dipimpin oleh RD. Y. M. Ridwan Amo Pr selaku pastor paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor berlangsung secara meriah namun tetap dalam suasana hikmat dan diikuti oleh seluruh umat dengan khusuk.  Selama prosesi menuju gereja, umat mendaraskan doa Rosario yang dipandu oleh kelompok kategorial mulai dari Wanita Katolik (WK), Legio Mariae dan alumni KEP.

perarakan3

Prosesi perarakan  berakhir dengan pentahtahan  Bunda Maria di  dalam gereja St. Ignatius Loyola dan dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi sebagaimana prosesi di hari Minggu.

Perarakan ini sebagai wujud penghormatan iman dan kasih yang diberikan oleh umat Katolik di seluruh dunia kepada Sang Ratu Surga, termasuk di paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor.

perarakan4

Gereja Katolik secara tradisi mendedikasikan bulan-bulan tertentu sebagai devosi khusus untuk tokoh atau peristiwa tertentu. Di negara lain yang mengenal empat musim, bulan Mei berada pada musim semi atau musim kembang yang sering dikaitkan dengan permulaan kehidupan.  Maka bulan ini dikaitkan dengan Bunda Maria, Ibu dari semua yang hidup. Devosi mengkhususkan bulan Mei sebagai bulan Maria diperkenalkan sejak akhir abad ke-13  (sumber www.katolisitas.org)

Baca Juga: “Mengkomunikasikan Kerahiman Allah Secara Konkret-Surat Gembala Uskup Bogor

Dalam memasuki Bulan Mei sebagai bulan devosi umat beriman kepada Bunda Maria, umat Katolik baik di gereja maupun secara pribadi dan kelompok mempersembahkan penghormatan dengan cara berdoa dengan penuh kasih kepada Bunda Maria, dimana sebagai umat Katolik juga diharapkan dapat meneladani Bunda Maria untuk turut melakukan perbuatan dan mengambil bagian dalam karya kerahiman Allah.

Subscribe to Paroki St.Ignatius Loyola Semplak – Bogor by Email

msi.iglosb.05.2016

About Yohanes Riyanto 23 Articles
Yohanes Riyanto, Msi Paroki St. Ignatius Loyola Sempak Bogor