Anak-anak, Remaja, hingga WKRI Rayakan HUT Ke-73 RI

Anak-anak bersiap mengikuti lomba makan kerupuk.

Semplak – Sebagaimana masyarakat Indonesia lainnya, HUT ke-73 RI ini juga dirayakan cukup meriah oleh warga Paroki St Ignatius Loyola, Semplak, Bogor. Kemeriahaan itu terlihat dari antusiasme mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Anak-anak dan remaja yang tergabung dalam kelompok Bina Iman Anak (BIA) dan Bina Iman Remaja (BIR) merayakan HUT Proklamasi itu dengan sejumlah acara dan perlombaan. Kegiatan yang melibatkan puluhan peserta itu digelar pada Minggu (19/8) di halaman gereja St Ignatius Loyola.

Berlomba dengan penuh tawa.

Makna kegiatan ini diharapkan semakin menanamkan kesadaran anak-anak dan remaja tentang perjuangan merebut kemerdekaan sebagai bangsa yang berdaulat. Untuk itu, kemerdekaan yang sudah diperoleh harus diisi dengan berbagai aktivitas yang membangun bangsa, negara, dan masyarakat.

Selain anak-anak dan remaja, perayaan HUT ke-73 RI juga dilakukan orang-orang dewasa yang tergabung dalam Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Paroki St Ignatius Loyola. Berbeda dengan anak-anak dan remaja, WKRI sudah menggelar perayaan tersebut seminggu sebelum momentum 17 Agustus. Kegiatan WKRI yang diwarnai dengan arisan dan sejumlah perlombaan itu dibuka oleh Ketua WKRI Ranting St Petrus Ibu Christine.

Agnes, salah satu pengurus mengatakan WKRI melakukan pertemuan rutin setiap bulan dan dalam pertemuan bulan ini dirangkai juga beberapa kegiatan dengan nuansa Proklamasi 17 Agustus.
“Selain ada arisan dan beberapa perlombaan, pengurus WKRI yang hadir dengan pakaian merah-putih itu juga harus mengenakan pakaian merah putih,” ujarnya baru-baru ini.

Anggota dan pengurus WKRI yang selalu kompak.

Untuk diketahui, WKRI sendiri memiliki 3 ranting yakni WKRI Ranting St Don Bosco dari wilayah 1,
WKRI Ranting St Petrus dari wilayah 2, dan WKRI Ranting St Fransiskus Asisi meliputi wilayah 3.
Saat ini masih berstatus ranting dari Katedral, tetapi mulai tanggal 23 Sept 2018 setelah koneferensi cabang (Konfercab) I akan menjadi WKRI Cabang Paroki St Ignatius Loyola. [HS]

About Heriyanto Soba 4 Articles
Komsos Paroki Stiglo Semplak Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*