OMK : SERUNYA MEMBANTU TEMAN PERGI KE MANADO

Indonesian Youth Day (IYD) adalah sebuah acara yang mempertemukan perwakilan OMK dari seluruh Indonesia. Pada tahun ini IYD diadakan di Manado pada tanggal 1-6 Oktober 2016. OMK Paroki St.Ignatius de Loyola, Semplak, mendapat kesempatan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan tesebut. Meskipun Paroki St. Ignatius Loyola baru dibentuk, OMK memiliki semangat yang luar biasa sehingga tiga orang teman kami akan ikut berangkat ke Manado mewakili Paroki baru ini.

Ada tiga orang di antara kami OMK yang terpilih untuk mengikuti IYD di Manado ini.  Namun karena biaya yang dibutuhkan cukup banyak, maka kami ingin ikut membantu tiga orang teman kami tersebut. Kami berinisiatif untuk mengadakan kegiatan pencarian dana. Kami ingin merasakan kebersamaan sekaligus kesetiakawanan antar-teman di OMK ini.

image001Setelah disetujui oleh Pastor Paroki, kegiatan penggalangan dana berupa penjualan makanan dimulai pada tanggal 12 Juni 2016 yang lalu. Dalam kegiatan ini, kami menjual berbagai makanan mulai dari kue kering, mie ayam, susu kedelai, sampai sosis goreng.  Setiap minggunya, kami membuka lapak di depan gereja. Kami mulai berjualan sesaat setelah misa pagi, namun ketika misa kedua akan dimulai kami berhenti dan kemudian membuka lapak lagi setelah misa kedua selesai.

Selain kami berjualan di lapak tersebut, kami juga menawarkan dagangan kami sambil berkeliling di gereja. Kami berterimakasih karena cukup banyak umat yang mau membeli dagangan kami ini. Tetapi, ketika dagangan kami tidak habis, kami masih bersemangat untuk menawarkannya kepada penduduk sekitar sambil berjalan kaki. Alhasil, ketika kami sampai di gereja dan menghitung untungnya, kami bersorak kegirangan karena dagangan kami selalu habis setiap minggunya.

image003Kami juga mengalami berbagai pengalaman yang sangat menarik. Pada akhir hari pertama kami berjualan, kami sempat panik melihat hasil yang diperoleh. Uang yang ada ternyata kurang dari jumlah yang seharusnya. Kami merasa sangat waswas karena menurut hitungan kami, pendapatan hari itu sangat besar, yaitu seperenam dari target keseluruhan.  Puji Tuhan, uang itu tidak hilang.  Ternyata uangnya terselip di salah satu tempat. Selain itu, kami juga mendapatkan sumbangan yang sangat tidak terduga dari umat. Sumbangan tersebut berbentuk makanan yang harus kami jual dan seluruh hasil penjualannya disumbangkan untuk kami.

Kami juga mendapat pelajaran berharga dari kegiatan penggalangan dana ini. Dari kegiatan ini, kami belajar bagaimana harus bersyukur atas apa yang kita miliki; cara berjualan (menghitung modal dan keuntungan); dan juga bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Di atas segalanya, tentu saja kami juga belajar arti kesetiakawanan yang terbentuk di antara kami.

image005Dan di akhir tulisan ini, kami sangat ingin berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan penggalangan dana ini. Semoga Tuhan membalas kalian dengan berkat yang begitu melimpah.

Salam hormat dari kami, OMK Paroki St. Ignatius Semplak.

***

Anastasia Segari

Juli 2016

Pada akhirnya didapat hasil kurang lebih tiga juta rupiah untuk meringankan beban teman-teman kami yang berangkat ke Manado.  Yippiiiiii….!

528 total views, 6 views today

About Admin 75 Articles
Admin Web Paroki Stiglo Semplak Bogor