OMK Semplak di Ignatius Day 2016

Sukacita Paroki Semplak yang baru genap 1 tahun diresmikan bapak Uskup  Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM pada tanggal 31 Juli 2015 dengan Romo Paroki  Romo Johannes Maria Ridwan Amo, Pr.  Perayaan  meriah  Ulang Tahun Pertama Paroki St. Ignatius Loyola Semplak  dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2016 dengan  sebutan Ignatius Day. Adapun tema perayaan  ulang tahun tersebut adalah: Berkarya Demi Kemuliaan Tuhan. Pelaksanaan perayaan ultah Paroki Semplak tersebut dibentuk panitia dari lintas seksi seperti: Seksi PSE, Seksi Keluarga, Seksi Liturgi, Seksi BIA,  OMK, dsb.

Hari pertama, tanggal 30 Juli 2016 (Sabtu) pagi diisi dengan acara Senam Sehat dilanjutkan dengan Jalan Sehat disekitar gereja mencapai 2.7 km. Peserta yang hadir cukup banyak mencapai 160-180 orang dengan rentang usia yang sangat bervariasi. Dimulai dengan anak-anak, remaja, dewasa dan lansia semua berpartisipasi aktif dengan sukacita. Gembira mengikuti tahapan acara dengan santai. Tujuan dilaksanakan senam dan jalan sehat tersebut untuk membangun komunikasi antar lingkungan, antar umat dengan umat sehingga mempererat rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang baik. Selesai acara tersebut langsung dimeriahkan dengan adanya bazaar yang dikelola masing-masing lingkungan dan kelompok kategorial yang ada di gereja.

IMG_3150bazaarSelanjutnya hari minggu tanggal 31 Juli 2016 selesai misa kedua acara dilanjutkan di samping gereja dengan pertunjukan dan kreasi dari BIA yang disaksikan Romo Ridwan dan Romo Harry. Pada acara ini juga ada pemotongan tumpeng yang kemudian dibagikan kepada umat secara merata. Keseriusan dan ketertarikan umat sangat kental terlihat dengan cepatnya habis produk-produk yang digelar di arena bazaar. Selain ikut meramaikan kegiatan bazaar, OMK juga berperan aktif dengan mengisi dan mengadakan acara sebagai berikut:

(a) Balap Makan Kerupuk (dan nasi). Permainan ini diikuti oleh anak-anak. Pada lomba ini peserta lari dari tempat duduk menuju deretan krupuk yang melambai tergantung. Setelah mencapai krupuk masing-masing, peserta menyuap nasi yang dibawanya, kemudian memakan krupuk. Peserta yang lebih dahulu dapat menghabiskan kerupuk (dan nasi) menjadi pemenang.

IMG_3165IMG_3167

IMG_3169

 

 

 

 

IMG_3163

 

 

IMG_3171

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IMG_3176(b) Kursi Goyang. Pada permainan ini peserta berjoget dengan diiringi musik kemudian tiba-tiba lagu dimatikan.  Saat itu peserta berlomba mencari tempat duduk. Yang tidak memperoleh kursi dinyatakan gugur. Demikian seterusnya hingga diperoleh satu pemenang tiap gelombang.

 

 

 

IMG_3180(c) Waterboom.  Pada permainan ini peserta ditutup matanya, kemudian sambil mendengarkan instruksi pengawas yang ada di depannya maju sambil mencari plastik berisi air. Begitu berhasil meraih plastik berisi air tersebut, peserta langsung memecahkannya. Peserta yang memecahkan plastik berisi air paling cepat menjadi pemenangnya.

 

 

 

IMG_3185

(d) Spongebob.  Permainan ini diikuti semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Peserta membentuk barisan yang terdiri satu kelompok (tim) dengan tiap kelompok terdiri atas lima orang. Lalu peserta bekerjama dengan menggunakan spons dan ember, dengan cara melempar spons ke arah belakang sampai peserta paling belakang, kemudian peserta paling akhir memasukkan air dari spons ke dalam botol yang telah disediakan dengan batasan waktu tertentu. Isian air paling banyak merupakan pemenang dalam lomba ini.

 

Demikian rangkaian acara ulang tahun Ignatius Day berjalan lancar dari 14 lingkungan dan kategorial berjalan lancar. Partisipasi umat dari berbagai lapisan umur turut menyemarakkan  permainan. Semua peserta dan umat segenap Paroki bersukacita. Kiranya OMK Paroki Semplak akan semakin berjaya dengan partisipasi aktif dari umat yang terlibat langsung serta peduli sesama. Kami berharap perayaan ini membuat OMK Paroki Semplak dapat lebih menjalin komunikasi antar umat dan antar lingkungan, antar generasi, antar seksi. Kita tingkatkan peran serta gereja untuk meningkatkan keimanan terhadap Kristus.

 

***

H. Cynthia

02 Agustus 2016

2,010 total views, 3 views today

About Admin 75 Articles
Admin Web Paroki Stiglo Semplak Bogor