Pelantikan Pengurus Wilayah 3 yang Baru

Untuk segala sesuatu, ada waktunya. Demikian pula yang terjadi dengan Kepengurusan Wilayah 3 (St Fransiskus Asisi). Berdasarkan Surat Keputusan Paroki St Ignatius Loyola Bogor No. 261/SK-PSTIL/V/2019, Pastor Paroki –RD Antonius Dwi Haryanto- telah memberhentikan dengan hormat susunan kepengurusan Wilayah 3 yang lama dan mengangkat serta melantik susunan kepengurusan Wilayah 3 yang baru. SK tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkannya yakni tanggal 25 Mei 2019.

Kepengurusan lama telah menjalani masa bakti dari tahun 2015 hingga 2018. Kepengurusan ini berada di bawah pelayanan kepemimpinan Ketua Wilayah masa itu yakni Bapak V. Ricky Wahyudi. Dengan pergantian tersebut berarti tongkat pelayanan kepemimpinan beralih kepada Ketua Wilayah 3 yang baru yakni Ibu Maria Christiane Josephine Yenny Puspita Hanjoko, atau yang akrab disapa dengan panggilan Ibu Yenny Puspita.

Di bawah pelayanan kepemimpinan Ibu Yenny Puspita telah terbentuk susunan pengurus Wilayah 3 yang baru, untuk masa bakti 2019 hingga 2021:

Sekretaris                            : Robertha Maria Sumaryono

Bendahara                          : Theresia Cynthia Femilia Widadi

Seksi-seksi                          :

  1. Seksi Koor                           : Maria Asumpta Hardani Susiliarti dan Petrus Dinar Subagyo
  2. Seksi Pembina OMK         : Matius Bram Pranoto Utomo dan Yohanes Darsono

Wilayah 3 (St Fransiskus Asisi) sendiri mencakup 4 Lingkungan: Lingkungan Christophorus, Lingkungan St Anna, Lingkungan St Maria dan Lingkungan Keluarga Kudus (LKK). Lingkungan Christophorus berada di bawah pelayanan kepemimpinan Bapak Anto. Daerah Lingkungan ini merentang di sekitar Taman Sari Persada. Lingkungan St Anna berada di bawah pelayanan kepemimpinan Bapak Ricky, mantan Ketua Wilayah 3 periode yang lalu. Daerah Lingkungan ini merentang di sekitar Kayu Manis. Lingkungan St Maria berada di bawah pelayanan kepemimpinan Bapak Felix. Daerah Lingkungan ini merentang di sekitar Salabenda dan Pandan Valley. Sementara Lingkungan Keluarga Kudus (LKK) berada di bawah pelayanan kepemimpinan Bapak Gregg Djako. Daerah Lingkungan ini merentang di sekitar Kemang dan Billabong Depan.

Misa pelantikan pengurus yang baru dilaksanakan di Gereja St Ignatius Loyola Semplak pada tanggal 25 Mei 2019, pukul 10.00 WIB. Misa Pelantikan dipersembahkan oleh Pastor Paroki St Ignatius Loyola Semplak, Romo Antonius Dwi Haryanto. Misa tersebut berlangsung tertib, lancar dan terasa menguatkan.

Dalam Homili Pengutusannya, Romo Anton sempat menggugat dan menggugah semangat pelayanan dari pengurus yang baru. “Apakah menjadi pengurus itu enak?” Demikian tantang Romo. Kalau enak, begitu dipaparkan juga oleh Romo Anton, mungkin setiap orang mau menjadi pengurus. Tetapi semoga, lanjut Romo, pelayanan sebagai pengurus ini tidak didasarkan pada pertimbangan enak atau tidak enak melainkan diarahkan pada kasih kepada Tuhan. “Untuk mengikuti Kristus itu berarti terlibat dalam kehidupan menggereja…..Paroki membutuhkan orang-orang yang mau terlibat dalam karya-karya Tuhan.”

Pelantikan secara resmi seperti itu, menurut Romo, adalah perlu. Untuk memantapkan. Agar setiap pengurus merasa yakin dan pasti dengan tugas-tugasnya. Pelantikan itu sendiri mengandung perutusan, salah satunya, agar pengurus bersedia membangun communio di tengah umat. “Dengan kepengurusan ini semoga pengurus yang baru dapat memantapkan communio yang ada di tengah umat…..mudah-mudahan dengan kebersamaan, kepengurusan ini membuat umat menjadi lebih akrab…..semoga dengan bantuan Roh Kudus membuat pengurus bertambah semangat.” Demikian disampaikan Romo Anton dalam upayanya menginspirasi dan memompa semangat para pengurus baru dan umat lain pada umumnya yang juga turut hadir dalam Misa Pelantikan Pengurus Baru Wilayah St Fransiskus Asisi tersebut.

Sementara itu, dalam Pidato Pelepasannya, Pak Ricky sempat mengutarakan bahwa ia dan para pengurus yang lalu sempat mengalami masa yang sulit dan berat dalam membangun Wilayah 3. Tetapi, pada akhirnya, ia bersyukur bahwa para pengurus yang lalu itu dapat melewati itu semua dan berhasil mewariskan sesuatu yang berharga dari Wilayah 3 (St Fransiskus Asisi). “Kami berhasil membentuk Koor dan OMK yang dapat dibanggakan,” demikian cetusnya. Sedang dalam Pidato Penerimaannya, Bu Yenny –antara lain- menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang telah diberikan umat Wilayah 3, khususnya, kepada dirinya. “Saya hanyalah ibu rumah tangga biasa tetapi telah dipercaya untuk melayani sebagai pemimpin umat.” Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa semoga dengan doa dan bantuan dari seluruh umat para pengurus yang baru dapat melaksanakan tugas perutusannya, sebagai pelayan, dengan baik.

Secara keseluruhan, Misa Pelantikan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Acara kemudian dilanjutkan dengan resepsi sederhana di Aula Gereja bagi semua yang hadir dalam kesempatan itu. Di titik ini, seperti dapat diduga, Pak Gregg Djako hadir memeriahkan suasana dengan tampil sebagai MC (Pembawa Acara) dengan “orasi-orasi”nya yang membangkitkan semangat dan, di sana-sini, menggugah senyum di bibir mereka yang hadir dalam acara ramah-tamah tersebut.

Komitmen dan semangat telah dipancangkan. Pantang untuk surut ke belakang. Semoga Roh Allah menyertai senantiasa seluruh pengurus Wilayah St Fransiskus Asisi yang baru. Semoga berkat dan rahmat Tuhan mengantar mereka ke dalam keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan perutusan melayani seluruh umat di tempat dimana mereka berada. Alleluya! (*/ dack)

2,638 total views, 3 views today

About Michael Dhadack Pambrastho 32 Articles
Ketua Komsos Paroki St Ignatius Loyola Semplak Bogor Periode 2019-2022