BERSUKACITA DALAM FAMILY WEEK END 2019 DI WISMA EREMA

Program Family Week End (FEW) merupakan sebuah program yang dibuat oleh Komisi Keluarga Keuskupan Bogor, yang diprakarsai oleh RD Alfonsus Sutarno. Tujuannya adalah membuat keluarga-keluarga Katolik dalam Keuskupan Bogor ini hidup dalam kebersamaan dan sukacita.

Tahun 2019 ini tema FEW adalah “Panggilan Keluarga Kristiani di Era Milenial”, mengedepankan masalah keluarga yang kurang kebersamaan karena tergerus oleh pesatnya arus modernisasi; salah satunya penggunaan alat komunikasi seperti handphone. Kerap terjadi, masing-masing individu dalam keluarga  tetap dalam dunianya masing-masing meskipun duduk bersama dalam satu meja makan.

Family Week End 2019 diselenggarakan dari hari Jumat, 5 Juli 2019, hingga hari Minggu, 7 Juli 2019. FEW 2019 ini mengambil tempat di Wisma Erema yang berlokasi di sekitar bilangan Taman Safari, Puncak, Bogor. Sejumlah besar peserta dari berbagai Paroki di Keuskupan Bogor turut serta memeriahkan acara ini.

Hari pertama kegiatan dibuka dengan “Misa Pembukaan” oleh Mgr Bruno Paskalis Syukur, OFM dan RD A. Sutarno,  dilanjutkan dengan perkenalan peserta antar paroki. Pada hari kedua peserta disuguhkan 3 sesi menarik yang dipandu oleh Ibu Yohana, Romo Tarno dan Ibu Insan dalam setiap sesinya. Ketiga sesi ini membahas bagaimana orang tua sebaiknya berlaku dalam keluarga yang merupakan panutan bagi anak-anak juga seputar permasalahan keluarga yang ada. OMK dan anak-anak (BIA) dipisahkan ruangnya dari orang tua dan dipandu oleh Kakak Yohana (BIA) dan Kakak Diva (OMK) dalam pembahasan menarik dengan tema yang sama namun dalam bahasa yang sesuai dengan usianya. Tahun ini lebih menarik lagi karena dibuka satu kelas baru yaitu untuk para Dewasa Lanjut (Senior), karena arah pembicaraan pun disesuaikan dengan usia mereka. Kelas dewasa lanjut ini dipandu oleh Bapak Yoyok. Keseluruhan 3 sesi tersebut ditambah keseruannya oleh Games Outdoor (Outbound) yang membawa banyak tawa canda keceriaan di antara peserta dan keluarga. Malam hari ditutup dengan “Pentas Seni” yang menghadirkan penampilan dari masing-masing paroki/kategorial. Umat St Ignatius Loyola sendiri antusias ambil bagian dengan membawakan nyanyian dan gerakan dan disambut meriah oleh seluruh peserta. Sungguh hari yang tak terlupakan karena mengalami banyak pengetahuan dan kegembiraan yang sangat besar.

Pada hari terakhir sebelum dipuncaki dengan “Misa Penutup”, diadakan sesi “Umat Bertanya Gembala Menjawab”. Pada sesi ini Mgr Paskalis dan Romo Tarno berkenan menjawab pertanyaan-pertanyaan umat. Rangkuman dari tanya-jawab ini adalah bahwa “orang tua harus memberi contoh/teladan baik pada anak, bukan hanya dengan kata-kata saja namun juga dengan perbuatan”.

Pada saat akhir rangkuman dibacakan RD Tarno menambahkan sebuah slogan yang sangat menginspirasi kebersamaan antara umat dan gembalanya yaitu: “Gembala mencintai umat dan umat mencintai Gembala”. Dengan berakhirnya “Misa Penutup” maka berakhirlah pula kebersamaan para keluarga untuk tahun ini.

Sampai jumpa di Family Week End 2020. (*/Luts)

1,378 total views, 28 views today

About Michael Dhadack Pambrastho 29 Articles
Ketua Komsos Paroki St Ignatius Loyola Semplak Bogor Periode 2019-2022